Labels

Wednesday, October 19, 2011

Kesehatan Lingkungan

Masyarakat perlu disadarkan akan pentingnya kesehatan. Apabila mereka dapat menjaga lingkungan dengan baik maka banyak penyakit, yang umumnya dikarenakan adanya lingkungan kotor dapat dihindari. Yang terutama adalah keinginan yang kuat dari dalam diri masing-masing orang di satu lingkungan. Tanpa adanya kesadaran dan komitmen bersama, kesehatan lingkungan tidak akan dapat tercipta mengingat jika lingkungan satu tidak terjaga kebersihannya, maka hal ini akan mempengaruhi buruknya kebersihan daerah lainnya.

Masyarakat sehat akan menjadi harapan tersendiri saat mereka berhasil melaksanakan kesehatan lingkungan dengan baik. Apabila masyarakat sehat, maka hal ini akan menciptakan generasi yang mandiri. Apabila jasmani dan rohani yang sehat tentunya akan memberikan semangat serta rasa fokus bagi mereka untuk bekerja. Mereka tidak akan terbebani untuk berobat ke dokter sehingga prestasi kerja akan semakin meningkat. 

Masyarakat perlu diberikan bimbingan akan pentingnya kebersihan bagi kehidupan, mereka memerlukan contoh yang dapat dilihat dari berbagai program pemerintah dalam mendukung kesehatan lingkungan. Beberapa contoh yang dapat dilakukan melakukan pembersihan seperti tempat pembuangan sampah akhir, sungai, hingga rumah masing-masing.

Di dalam hal ini peran pemerintah dapat memberikan /menyediakan peralatan untuk menunjang kegiatan tersebut. Pemberian pelatihan bagi upaya kebersihan juga dapat dilakukan oleh instansi terkait sehingga dapat menghambat penyebaran penyakit di sebuah lingkungan dan juga dapat terhindar dari bahaya banjir yang kerap terjadi di lingkungan masyarakat.

0 comments

Post a Comment